SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA TEPAS KECAMATAN GENENG KABUPATEN NGAWI

Artikel

Posyandu Balita Desa Tepas - Jembatan Kesehatan Balita untuk Masa Depan Gemilang

13 Februari 2024 13:14:51  Administrator  42 Kali Dibaca 

tepas-ngawi.desa.id - Posyandu Balita merupakan unit kegiatan di tingkat desa yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan primer bagi anak balita (usia 1 - kurang dari 5 tahun). Di Desa Tepas, Posyandu Balita menjadi salah satu inisiatif pemerintah desa dibantu oleh bidan desa dan kader posyandu sebagai bagian dari upaya pemeliharaan kesehatan balita.

 

 

Kegiatan Posyandu Balita di Desa Tepas

  1. Pemeriksaan Kesehatan Rutin: meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan dan kepala, serta pemeriksaan tanda-tanda perkembangan fisik dan mental. Ini membantu dalam memantau pertumbuhan dan perkembangan balita secara berkala.
  2. Imunisasi: pemberian imunisasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan akan melindungi anak-anak dari penyakit yang dapat dicegah melalui vaksinasi.
  3. Penyuluhan Kesehatan: Posyandu Balita juga menjadi tempat penyuluhan kesehatan bagi orang tua atau wali balita. Penyuluhan ini mencakup topik-topik seperti pola makan sehat, perawatan anak, kebersihan, serta tanda-tanda penyakit yang perlu diperhatikan.
  4. Pemberian Suplemen Gizi: Untuk balita yang membutuhkan, Posyandu Balita memberikan suplemen gizi yang sesuai untuk memastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.
  5. Pantau Pertumbuhan dan Perkembangan Anak: Setiap anak yang datang ke Posyandu Balita akan dipantau pertumbuhan dan perkembangannya. Hal ini membantu dalam mendeteksi dini jika ada masalah kesehatan atau gangguan perkembangan yang perlu ditangani.

 

Manfaat Posyandu Balita bagi Masyarakat

  1. Meningkatkan Kesehatan Anak Balita: Dengan adanya Posyandu Balita, anak-anak di Desa Tepas mendapatkan akses lebih baik terhadap pelayanan kesehatan primer, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup mereka.
  2. Pencegahan Penyakit: Melalui kegiatan imunisasi dan penyuluhan kesehatan, Posyandu Balita membantu dalam pencegahan penyakit dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan.
  3. Pemberdayaan Masyarakat: Posyandu Balita juga menjadi wadah untuk pemberdayaan masyarakat, karena melibatkan aktivitas partisipatif dari ibu-ibu dalam menjaga kesehatan anak-anak mereka.
  4. Mendukung Pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan: Dengan memastikan kesehatan anak-anak terjaga sejak dini, Posyandu Balita berkontribusi pada pencapaian target pembangunan berkelanjutan, terutama dalam hal kesehatan dan kesejahteraan anak.

Posyandu Balita di Desa Tepas tidak hanya menjadi tempat pelayanan kesehatan, tetapi juga menjadi pusat pembelajaran dan pertemuan bagi masyarakat. Kolaborasi antara Pemerintah Desa, tenaga kesehatan, dan masyarakat sangat penting dalam menjaga dan mengembangkan peran Posyandu Balita sebagai salah satu upaya penting dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Pahlawan, No. 3. Desa Tepas, Kecamatan Geneng
Desa : Tepas
Kecamatan : Geneng
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63271
Telepon :
Email : pemerintahdesatepas@outlook.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:13
    Kemarin:57
    Total Pengunjung:28.885
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.92.91.54
    Browser:Tidak ditemukan